Tips-Trik Menghubungkan ASUS Zenfone 4/5/6 ke PC atau Laptop

Ada beberapa sahabat yang menanyakan bagaimana cara menghubungkan atau menyambung ASUS Zenfone ke PC atau komputer untuk transfer data. Karena dari beberapa kali percobaan mereka, yang terdeteksi di PC/Laptop hanya internal memory dari Zenfone itu saja, sedangkan untuk eksternal memory atau MMC tidak terdeteksi/ terbaca.
ZenFone

Berikut ini adalah hal- hal utama yang harus di perhatikan saat akan menghubungkan ZenFone ke PC/ Laptop anda :

1. Pastikan menggunakan KABEL DATA Original
Bila ponsel Anda tidak terdeteksi, kemungkinan Anda tidak menggunakan kabel yang benar. Sebagai contoh, apabila Anda menggunakan kabel Power Bank, maka ponsel tidak akan terdeteksi di komputer, karena kabel tersebut hanya untuk mengisi daya dan tidak bisa digunakan untuk transfer data.

Pada setiap paket pembelian ASUS Zenfone biasanya sudah disertakan kabel data yang juga berfungsi sebagai kabel untuk mengisi daya (ngecas). Anda dapat menggunakan kabel tersebut untuk menyambung antara HP dengan PC.

Bila kabel tersebut tidak ada, rusak atau hilang, maka Anda dapat menggunakan kabel data miliki ponsel BlackBerry, Samsung atau semacamnya.

Catatan: ASUS Zenfone (4, 5 dan 6) dipasarkan di Indonesia melalui beberapa distributor. Sehingga untuk kelengkapan antara satu distributor yang lain bisa berbeda-beda. Pada umumnya untuk paket penjualan ASUS Zenfone adalah sebagai berikut: 1x Ponsel ASUS, 1x buku petunjuk dan kartu garansi, 1x charger, 1x kabel data yang sekaligus berfungsi sebagai kabel cas. Khusus paket penjualan ASUS Zenfone 4 biasanya disertakan dua buah baterai. Sedangkan untuk Handsfree pada umumnya tidak disertakan pada paket penjualan.
Kabel Data

2. Aktifkan Fungsi Media Device (MTP)
Bila ponsel ASUS Zenfone Anda tetap tidak terdeteksi, maka kemungkinan Anda belum mengaktifkan fungsi Media Device / MTP. Untuk mengaktifkan fungsi ini caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke Settings / Pengaturan (untuk masuk ke Settings bisa dengan cara menggeser bagian kanan atas layar dari arah atas ke bawah lalu klik gambar roda gigi)
  • Buka Storage / Penyimpanan
  • Klik gambar USB (Seperti gambar trisula) di kanan atas
  • CENTANG tulisan Media device / Perangkat Media (MTP)
  • Coba sambung lagi ke komputer

ZenFone


ZenFone
Klik gambar USB di kanan atas lalu centang pada bagian MTP

3. Colok di USB Port yang Lain
Kalau setelah dilakukan langkah-langkah diatas tetap tidak terdeteksi di komputer, coba hubungkan pada USB Port (colokan) yang lain di komputer. Terkadang dari beberapa lubang port di PC yang tersedia, ada satu atau dua yang lemah. Misalnya kalau sebelumnya dicolok di USB Port di depan komputer, coba sambung pada lubang yang di bagian belakang.

Kalau Anda menggunakan USB HUB (cabang USB), coba jangan gunakan alat tersebut. Jadi langsung disambung antara ASUS Zenfone –> kabel data –> Komputer (jangan ada perantara tambahan lagi).

Setelah terhubung, Anda dapat membuka file, transfer file dari ASUS Zenfone 4/5/6 ke komputer dan sebaliknya. Caranya tinggal buka My Computer lalu klik di bagian “Portable Device” biasanya ada tulisan-nya ASUS….(tipe Zenfone) Seperti gambar dibawah.
Properties
Buka My Computer > Double Click Mouse untuk melihat File.


4.UPDATE:
Bagi yang bermasalah untuk mengkoneksikan ASUS Zenfone dengan komputer (khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows XP), coba install driver yang dibawah:


Demikian info Tips-Trik  Menghubungkan ASUS Zenfone 4/5/6 ke PC atau Laptop. Semoga bermanfaat 

(Berbagi Itu Indah)

0 Response to "Tips-Trik Menghubungkan ASUS Zenfone 4/5/6 ke PC atau Laptop"

Post a Comment